Program KPBU Penerangan Jalan Kabupaten Madiun Diklaim Berhasil Dorong Roda Perekonomian

Foto: Madiunpedia

MADIUN
 - Pada 18 Juli 2024 lalu, tepat satu tahun Pemerintah Kabupaten Madiun meresmikan proyek KPBU (Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha) pengadaan APJ (Alat Penerangan Jalan). Saat ini sudah terpasang 7.549 lampu, hal tersebut sudah mulai menunjukkan dampak positif bagi masyarakat dan perekonomian daerah.

Salah satu dampak terbesar dari kehadiran lampu penerangan ini adalah meningkatnya aktivitas ekonomi di berbagai sudut Kabupaten Madiun. Lampu peneragan berhasil mendorong tumbuhnya usaha kecil seperti angkringan, warung makan, dan warung kopi di area yang sebelumnya minim penerangan.

Rena Meta Wardhani, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Perlengkapan Jalan Dinas Perhubungan Kabupaten Madiun, menjelaskan, “Memang benar dengan adanya Lampu KPBU APJ ini banyak permintaan dari masyarakat untuk menggeser ke beberapa titik strategis. Entah setelah itu membuat warung kopi ataupun angkringan. Lampu KPBU APJ ini tentunya membuat adanya titik perekonomian baru di Kabupaten Madiun.”

Dampak program penerangan jalan ini juga terasa di kawasan pasar. Pasar Sayur Caruban yang dulunya gelap kini terang benderang berkat lampu penerangan jalan ini. Perubahan ini tidak hanya membuat pasar lebih nyaman untuk dikunjungi, tetapi juga memperpanjang jam operasionalnya. Jika sebelumnya pasar tutup pukul 5 sore, sekarang pasar bisa beroperasi hingga pukul 9 malam. Bahkan, untuk aktivitas pagi, pasar yang dulu baru buka sekitar pukul 5 subuh kini sudah mulai ramai sejak jam 3 pagi.

Fahri, salah seorang warga, berbagi pengalamannya, “Dulu saya kalau mengantar Ibu ke pasar untuk belanja biasanya sehabis subuh atau menunggu setidaknya sedikit terang. Sekarang kadang jam 4 atau sebelum subuh sudah ke pasar karena sudah ada lampu penerangan jalan, entah itu di jalan area rumah saya ataupun di dekat pasar.”

Namun, untuk memastikan manfaat ini terus dirasakan, mari kita bersama-sama menjaga dan merawat fasilitas ini. Penerangan jalan yang baik adalah tanggung jawab kita bersama. Laporkan jika ada kerusakan atau masalah pada lampu, scan Barcode untuk melaporkan masalah tersebut atau dapat menghubungi 0811 3622 666.

Penulis Wisnuseto Haryo Bhaskoro - @_whb18 (Instagram)