Puskesmas Rasa Rumah Sakit, Kini Banyak Peningkatan Fasilitas di Puskesmas Saradan

Foto: Madiunpedia

MADIUN
- Puskesmas Saradan kini memiliki wajah baru dengan ditandainnya peresmian gedung barunya pada tanggal 17 Januari 2024 lalu. Acara peresmian ini menandai akhir dari masa gedung lama yang telah berdiri sejak tahun 1978 dan mengalami banyak kerusakan. Gedung baru ini tak hanya menawarkan tampilan yang segar, tetapi juga fasilitas yang jauh lebih modern, memberikan langkah besar dalam pelayanan kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Saradan.

Perubahan yang terjadi pada Puskesmas Saradan sungguh signifikan. Jika dibandingkan dengan gedung lama yang sudah cukup usang, gedung baru ini tampak sangat modern. Banyak masyarakat luar yang tidak tahu, bahkan sering menyebut Puskesmas Saradan kini sebagai "Puskesmas Rasa Rumah Sakit" karena kemegahan dan kelengkapan fasilitasnya.

Gedung baru ini menyediakan berbagai peningkatan fasilitas dan layanan kesehatan. Ruangan-ruangannya kini lebih bersih, rapi, dan dilengkapi dengan pendingin udara (AC) untuk memastikan kenyamanan pasien. Puskesmas Saradan kini memiliki fasilitas yang lebih lengkap, termasuk ruang rawat inap, layanan persalinan 24 jam, poli mata, poli gigi, laboratorium, dan konsultasi kesehatan.

Puskesmas Saradan juga sudah dilengkapi dengan alat USG, guna meningkatkan pelayanan kesehatan bagi ibu hamil. Jadi di Puskesmas Saradan mulai dari kondisi ibu sedang hamil hingga proses persalinan menjadi lebih optimal dan tentunya dalam pengawasan dokter.

Selain itu, terdapat ruang terbuka hijau yang menyegarkan di bagian tengah gedung, memberikan suasana yang lebih nyaman dan alami bagi pasien serta pengunjung. Tidak hanya itu, Puskesmas Saradan juga sudah dilengkapi dengan instalasi pengolahan limbah sendiri, yang memastikan bahwa limbah cair diolah secara mandiri dan ramah lingkungan.

Kepala Puskesmas Saradan, Heri Setyana, mengungkapkan harapannya untuk memanfaatkan sepenuhnya gedung dan fasilitas baru ini. "Tentu dengan adanya gedung baru dan peningkatan fasilitas, kami berharap masyarakat wilayah kerja Puskesmas Saradan dapat memanfaatkan sepenuhnya layanan kesehatan ini. Ini merupakan langkah penting untuk mendukung keberhasilan program-program kami dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," ujarnya.

Penulis Wisnuseto Haryo Bhaskoro - @_whb18 (Instagram)