Hasil SPI 2023 Terus Meningkat, Pemkab Madiun Harap Banyak Masyarakat Berpartisipasi Survey SPI Tahun Ini

Foto: Pemkab Madiun

MADIUN – Survei Penilaian Integritas (SPI), sebuah alat yang dikembangkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), bertujuan untuk mengukur dan menilai risiko korupsi di instansi publik seperti kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah.

Survei ini menilai sejumlah aspek penting, mulai dari pelayanan publik hingga pengelolaan anggaran. Dengan tujuan utama mengidentifikasi potensi kerawanan korupsi, SPI juga memberikan rekomendasi perbaikan untuk meningkatkan integritas institusi.

Bulan Maret lalu, Pemerintah Kabupaten Madiun menerima kunjungan dari Direktorat Koordinasi dan Supervisi Wilayah III KPK. Kunjungan tersebut bertujuan mengevaluasi capaian Monitoring Center For Prevention (MCP) serta hasil dari SPI di Kabupaten Madiun.

Irawati, Analis Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi KPK, memberikan apresiasi terhadap capaian Kabupaten Madiun, tetapi juga menegaskan perlunya terus meningkatkan integritas. “Walaupun hasilnya baik, kita tidak boleh lengah karena masih ada potensi risiko korupsi yang perlu dijaga,” ujarnya.

Irawati juga menekankan pentingnya pelayanan berkualitas kepada masyarakat, serta mendorong semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk melakukan Quality Assurance dalam pelaksanaan pelayanan. Hal ini diharapkan dapat memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

Skor SPI Kabupaten Madiun terus mengalami peningkatan tahun 2022 mendapatkan skor 79,02. Tahun 2023 lalu, Pemerintah Kabupaten Madiun meraih skor yang mengesankan sebesar 80,08 dalam SPI. Skor ini mencerminkan upaya yang konsisten untuk menjaga integritas dan kualitas layanan publik di Kabupaten Madiun. Survei ini melibatkan tiga kategori responden: internal, eksternal, dan ahli, untuk memberikan gambaran yang komprehensif tentang kinerja dan integritas institusi.

Menjelang pelaksanaan SPI 2024, yang akan berlangsung mulai dari bulan Agustus hingga Oktober, masyarakat diharapkan untuk berpartisipasi aktif. Peserta survei akan menerima pesan melalui WhatsApp dengan centang biru yang menunjukkan keaslian. Masyarakat dihimbau untuk tidak risau jika menerima pesan tersebut karena pengisian SPI bukanlah sebuah penipuan, dan yang terpenting semua data yang diisikan aman dan terjamin kerahasiaannya. SPI 2024 dengan Centang Biru nantinya akan mengarahkan peserta ke tautan untuk mengisi survei

Pemerintah Kabupaten Madiun menegaskan bahwa meskipun tidak ada target skor yang ditetapkan, mereka berharap untuk mempertahankan skor yang baik dan, jika memungkinkan, meningkatkannya di tahun-tahun mendatang.

Dengan partisipasi dari masyarakat, diharapkan integritas dan transparansi di lingkungan pemerintahan Kabupaten Madiun dapat terus ditingkatkan.