Leladi Sesami: Terobosan Baru Layanan Pengurusan Dokumen Kependudukan di Kabupaten Madiun

Foto: Dukcapil Kabupaten Madiun

MADIUN – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Madiun menghadirkan inovasi baru yang mempermudah pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Madiun. Dikenal dengan nama “Leladi Sesami”, layanan ini lahir dari kebutuhan masyarakat yang menghadapi kendala dalam mengakses layanan administrasi kependudukan akibat jarak tempuh dan kesibukan di hari kerja sehingga dapat memanfaatkan waktu pada akhir pekan.

Leladi Sesami beroperasi setiap Sabtu di desa-desa dan setiap Minggu di area Caruban Fun Day. Layanan ini juga telah berkembang dengan penambahan jadwal "REBOAN" yang hadir setiap hari Rabu di dua lokasi, yaitu Area Caruban (di samping Masjid Quba) dan Dolopo (Kelurahan Bangunsari). Keberadaan Leladi Sesami di berbagai lokasi ini memudahkan masyarakat untuk mengakses layanan tanpa harus bepergian jauh ke Mal Pelayanan Publik.

Keunggulan utama Leladi Sesami adalah cakupan layanan yang luas, Leladi Sesami juga menyediakan layanan untuk mencetak KTP, KIA, KK, Akta Kelahiran, Akta Kematian, dan berbagai dokumen administrasi lainnya. Dengan sistem yang efisien, semua dokumen tersebut dapat diproses dan siap dalam waktu kurang dari 15 menit, asalkan persyaratan sudah lengkap.

Dhidan Tomy mengungkapkan, “Saya sangat merasa terbantu dengan inovasi ini. Pernah suatu ketika, KTP saya rusak dan saya harus menggantinya. Karena posisi kerja saya di luar kota, saya tidak memiliki waktu untuk mengurusnya selama hari kerja. Namun, saat pulang, saya mendapatkan informasi tentang layanan Leladi Sesami yang beroperasi di CFD Caruban. Saya langsung mengurusnya dan hasilnya langsung jadi” Ujarnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Madiun, Sigit Budiarto, mengungkapkan “Saya berharap adanya dukungan dan kerjasama yang lebih intensif dari pihak Desa/Kelurahan serta adanya peningkatan jumlah sumber daya manusia yang dapat terus kami kembangkan. Dengan jumlah SDM yang masih terbatas, pengembangan layanan ini ke wilayah-wilayah terdepan, terluar, dan terjauh di Kabupaten Madiun menjadi tantangan yang ingin kami jawab kedepannya”

Dengan komitmen untuk terus meningkatkan jangkauan dan kualitas layanan, Leladi Sesami bertekad untuk menjadi solusi praktis dan efisien dalam memenuhi kebutuhan administrasi kependudukan masyarakat Kabupaten Madiun.