Bersaing Antar Dunia KPBU Lampu Jalan di Kabupaten Madiun Raih Seoul Smart City Prize

Tangkapan Layar Youtube Seoul Smart City Prize

MADIUN - Inovasi Pemerintah Kabupaten Madiun dalam penyediaan Alat Penerangan Jalan (APJ) melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) mendapat pengakuan dari dunia. Bersaing dengan berbagai negara, inovasi penerapan teknologi ECOLANT pada APJ di Kabupaten Madiun mendapat penghargaan dari Seoul Smart City Prize. 

Seoul Smart City Prize merupakan penghargaan bergensi bagi berbagai kota-kota dibelahan dunia yang menerapkan konsep pembangunan kota cerdas. Mendapatkan penghargaan ini menandakan pembangunan di Kabupaten Madiun berhasil mengadopsi penerapan kota cerdas. Kota cerdas merupakan sebuah kota yang mengontrol dan mengintegrasi semua infrastruktur melalui teknologi. 

Pembangunan lampu APJ dinilai juga berhasil memenuhi kriteria tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). Lampu APJ di Kabupaten Madiun dinilai berhasil memacu pertumbuhan ekonomi daerah. Lampu APJ di Kabupaten Madiun dinilai memiliki komitmen dalam menekan penggunaan listrik lebih dari 50%. Sehingga penyediaan infrastruktur ini dinilai berkomitmen terhadap infrastruktur ramah lingkungan Seperti diketahui proyek KPBU APJ di Kabupaten Madiun ini menjadi proyek unggulan @pemkabmadiun dalam 3 tahun terakhir. 

Sebelumnya proyek KPBU APJ ini juga mendapatkan beragam penghargaan seperti dari Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Keuangan dan beragam penghargaan lainnya. KPBU APJ Madiun kini menjadi salah satu barometer penyediaan infrastruktur melalui pendanaan kreatif di Indonesia. 

Penghargaan Seoul Smart City Prize diterima langsung oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida Kabupaten Madiun) Kurnia Aminulloh pada (10/10) di Kota Seoul, Korea Selatan. Kami hubungi melalui whatsaap beliau menyampaikan kebanggaannya kepada kami “Mohon doa restunya mas” ucap beliau. 

Pemerintah Kabupaten Madiun mengajak warga untuk menjaga dan merawat keberadaan infrastruktur di Kabupaten Madiun. Kedepan Pemerintah Kabupaten Madiun juga membocorkan akan melakukan penyediaan infrastruktur lainnya melalui skema KPBU